Searching...
Facebook Twitter Google+ RSS

Sejarah Bank Mandiri

1/12/2013
bank mandiri
Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik Pemerintah yaitu, Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia, bergabung menjadi Bank Mandiri. Sejarah keempat Bank tersebut dapat ditelusuri lebih dari 140 tahun yang lalu. Keempat Bank tersebut telah turut membentuk riwayat perkembangan dunia perbankan di Indonesia.

Bank Dagang Negara merupakan salah satu Bank tertua di Indonesia. Sebelumnya Bank Dagang Negara dikenal sebagai Nederlandsch Indische Escompto Maatschappij yang didirikan di Batavia (Jakarta) pada tahun 1857. Pada tahun 1949 namanya berubah menjadi Escomptobank NV. Selanjutnya, pada tahun 1960 Escomptobank dinasionalisasi dan berubah nama menjadi Bank Dagang Negara, sebuah Bank pemerintah ynag membiayai sektor industri dan pertambangan.

Bank Bumi Daya didirikan melalui suatu proses panjang yang bermula dari nasionalisasi sebuah perusahaan Belanda De Nationale Handelsbank NV, menjadi Bank Umum Negara pada tahun 1959. Pada tahun 1964, Chartered Bank (sebelumnya adalah Bank milik Inggris) juga dinasionalisasi, dan Bank Umum Negara diberi hak untuk melanjutkan operasi Bank tersebut. Pada tahun 1965, bank umum negara digabungkan ke dalam Bank Negara Indonesia dan berganti nama menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV beralih menjadi Bank Bumi Daya.

Sejarah Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim) berawal dari perusahaan dagang Belanda N.V.Nederlansche Handels Maatschappij yang didirikan pada tahun 1842 dan mengembangkan kegiatannya di sektor perbankan pada tahun 1870. Pemerintah Indonesia menasionalisasi perusahaan ini pada tahun 1960, dan selanjutnya pada tahun 1965 perusahan ini digabung dengan Bank Negara Indonesia menjadi Bank Negara Indonesia Unit II. Pada tahun 1968 Bank Negara Indonsia Unit II dipecah menjadi dua unit, salah satunya adalah Bank Negara Indonesia Unit II Divisi Expor – Impor, yang akhirnya menjadi Bank Exim, bank Pemerintah yang membiayai kegiatan ekspor dan impor.

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) berawal dari Bank Industri Negara (BIN), sebuah Bank Industri yang didirikan pada tahun1951. Misi Bank Industri Negara adalah mendukung pengembangan sektor – sektor ekonomi tertentu, khususnya perkebunan, industri, dan pertambangan. Bapindo dibentuk sebagai bank milik negara pada tahun 1960 dan BIN kemudian digabung dengan Bank Bapindo. Pada tahun 1970, Bapindo ditugaskan untuk membantu pembangunan nasional melalui pembiayaan jangka menengah dan jangka panjang pada sektor manufaktur, transportasi dan pariwisata.

Visi dan Misi Bank Mandiri
Visi :
Bank terpercaya pilihan anda.
Misi :
• Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
• Mengembangkan sumber daya manusia professional.
• Memberi keuntungan yang maksimal bagi stakeholder.
• Melaksanakan manajemen terbuka.
• Peduli terhadap kepentingan masyarakat dan lingkungan.

SLOGAN BANK MANDIRI
1998-1999 : Cakrawala Perbankan Nasional.
1999-2005 : Bank Terpercaya Pilihan Anda.
2003 : Satu Hati, Satu Negeri, Satu Bank.
2005-2008 : Melayani Dengan Hati, Menuju Yang Terbaik.
2008-sekarang : Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda.
2009-2010 : Menembus Batas Keinginan.
2010-sekarang : Menjawab Setiap Keinginan.

Sekarang Bank Mandiri telah tumbuh sebagai Bank Terbaik yang ada di Indonesia karena kekonsistenannya dalam melayani nasabah-nasabah. Tak heran pula jika Mandiri mendapat penghargaan dunia sebagai salah satu bank yang paling baik dan paling bermutu.

9 komentar :

  1. wah, baru tau ane tentang sejarah bank mandiri..:)

    BalasHapus
  2. ini kontes atau sekedar review biasa sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekedar review aja bang, mengenai sejarah bank mandiri.

      Hapus
  3. ikut menyimak sob,sekalian follow jangan lupa untuk follow balik ya ,biar tambah teman.

    BalasHapus
  4. Akhirnya tahu sejarah Bank Mandiri lewat Besek Bosok dech !

    BalasHapus
  5. bank mandiri memang oke ya sob.... bru tau aku sejarahnya :)

    BalasHapus
  6. Ane ikutan lombanya tapi gak seberapa paham sejarahnya.
    Thanks sharenya gan "membuka cakrawala pengetahuan saya".

    BalasHapus
  7. Tanggung amat nih mas bro, tambahin sedikit dah bisa ikut bankmandiriblog contest lho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh bisa-bisa, nanti bikin lagi aja mbak. Yang lebih berbau sastra :-d sok banget padahal gak ngerti sastra sama sekali ane, hhaha.

      Hapus