Searching...
Facebook Twitter Google+ RSS

Standar Nilai Kelulusan Ujian Nasional SMA 2013

1/03/2013
ujian nasional sma 2013
Tidak hanya mengenai waktu pelaksanaan ujian nasional saja, Kemdikbud juga telah mempersiapkan segala elemen pendukungnya. Salah satu yang mereka tentukan adalah standar nilai kelulusan UN untuk SMA.

Lalu  berapa kriteria nilai kelulusan UN SMA 2013? Khairil Anwar Notodiputro selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemdikbud menyatakan bahwa batas minimal nilai ujian nasional untuk SMA tahun ini sama seperti tahun lalu yaitu 5,5.

Namun ada penambahan variasi soal menjadi 20 paket soal di setiap kelas, dengan tingkat kesulitan yang relatif sama dengan tahun lalu. Mengenai tingkat kesulitan soal untuk tahun depan juga diperkirakan relatif sama dengan tahun ini. Hanya saja nilai UN akan menjadi salah satu syarat untuk masuk perguruan tinggi.

Meskipun belum disahkan, Standar Nilai Kelulusan UN SMA 2013 di atas sudah bisa kita jadikan patokan untuk mempersiapkan diri seperti tahun-tahun sebelumnya.

19 komentar :

  1. standar nilai boleh tinggi, tapi standar pembelajaran setiap sekolah kan berbeda!

    BalasHapus
  2. Semakin tahun semakin naik... semoga bisa menjadi landasan agar menjadi bangsa yg lebih cerdas dan jgn kalah ama negara lain (h)

    BalasHapus
  3. Kualitas pembelajaran juga harus lebih ditingkatkan, jangan sampai peserta didiklah yang menjadi 'korban' kebijakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita lakukan sesuai kapasitas kita untuk menyeimbangkannya bang.

      Hapus
  4. wah udah naik yah, dulu aja waktu gue masih 4 koma berapa gitu! hehe

    BalasHapus
  5. iya betul mas, kalo operator nya saya,,, wkwkwk :-)

    sory sya bls disini (o)

    BalasHapus
  6. kebetulan saya masih smk dikit lagi UN saya minta doanya ya gan,supaya dapat lulus dengan nilai yang baik :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, semoga bisa lancar gann.

      Hapus
  7. Standarisasi yang serba salah utk diberlakukan. Hanya akan menimbulkan Sistem yang menjadi lingkaran syetan, menghasilkan statistik yang kamuplase. Kesalahan ada di semua pihak pemangku kepentingan bidang pendidikan dari sejak satuan pendidikan sampai kemdikbud.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu sulit untuk memperbaiki dari atas bang. Bagaimana kalau kita yang membantu adik-adik memenuhi standar yang diberlakukan dengan sharing ilmu lewat blog kita masing-masing (o)

      Hapus
  8. Maaf baru bisa melintas kesini, kurang mengerti masalah pendidikan yang pasti jangan dicampur dengan kepentingan lain, buatlah para siswa menjadi SDM yang berkualified dan mandiri, sukses bang !

    BalasHapus
  9. semoga saja tahun ini jumlah siswa yang lulus lbh banyak daripada tahun2 sebelumnya :)

    BalasHapus
  10. sepertinya saya termasuk jenis manusia Indonesia yang sama sekali tidak sepakat dengan adanya UN lho bro? (tentu dengan alibi yang panjang lebar)Akan tetapi, saya tetap menghormati UN yang terus dilaksanakan...salam:)

    BalasHapus
  11. Anonim2/03/2013

    harga daging naik, beras naik, gula naik. koq standar nilai kelulusan juga malah ikut-ikutan naik sih?

    BalasHapus
  12. jadi belum dipastikan ya..

    BalasHapus
  13. Katanya salah satu ada nilai UN 4.0 itu lulus atau tidak

    BalasHapus
  14. Anonim4/22/2013

    hanya bisa berdoa untuk hasil yang sempurna (p)

    BalasHapus
  15. wuih sekarang semakin meningkat ya nilai standar kelulusan UN-nya

    BalasHapus