Searching...
Facebook Twitter Google+ RSS

SBMPTN 2013 Gantikan SNMPTN Ujian Tulis

1/08/2013
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan menggantikan Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) jalur tulis, karena UU 12/2012 tentang PT mengatur seleksi yang bersifat nasional harus ditanggung pemerintah (gratis).

"Kalau namanya tetap SNMPTN jalur tulis, maka harus ditanggung pemerintah, karena itu namanya diubah menjadi SBMPTN untuk menyesuaikan dengan UU PT itu," kata anggota Tim Humas Panitia Pusat SNMPTN 2013, Dr Dra Ismaini Zain MSi, di Surabaya, Jumat.

Didampingi stafnya Drs Imam Syafii, Ismaini yang juga Kepala Badan Akademik ITS itu menjelaskan cara masuk PTN akan tetap melalui tiga pintu yakni SNMPTN (jalur undangan / prestasi), SBMPTN (jalur tulis), dan jalur mandiri atau kemitraan.

"Pemerintah sudah mematok jalur SNMPTN sebanyak 50 persen dari kuota PTN yang bersangkutan, lalu jalur SBMPTN 30 persen dan jalur mandiri 20 persen. Jadi, caranya tetap sama, namun ada penyesuaian dengan UU PT Nomor 12/2012," katanya.

Untuk jalur SNMPTN, katanya, biaya tes akan digratiskan pemerintah, namun biayanya belum ditentukan. Tahun lalu, biaya tes jurusan IPA atau IPS Rp150.000 per anak dan biaya tes jurusan IPC (campuran ikut IPA dan IPS) sebesar Rp175.000 per anak.

"Khusus SNMPTN hanya bisa diikuti siswa SMA lulusan terbaru (2013) dan menggunakan UN sebagai salah satu pertimbangan selain rapor sejak kelas 10 hingga 12 dan prestasi lain, sedangan SBMPTN dan jalur mandiri tidak menggunakan UN, namun murni hasil tes," katanya.

Cara pendaftaran jalur SNMPTN adalah dilakukan secara kolektif oleh kepala sekolah. "Tahun ini, kami akan menyosialisasikan cara baru melalui PDSS atau pangkalan data sekolah siswa. Nantinya, sekolah memasukkan nilai siswa sejak kelas 10 hingga 12, sehingga data akan terekam dan saat pendaftaran secara kolektif tidak perlu memasukkan data lagi," katanya.

Untuk jalur SBMPTN, katanya, peserta diharuskan membayar biaya tes dan pelaksana akan dilakukan secara regional oleh kepanitian yang dibentuk beberapa PTN terdekat. "Untuk tes ini, siswa dari dua angkatan sebelumnya (2011 dan 2012) bisa mengikutnya, lalu tes ketrampilan untuk jurusan tertentu akan dilaksanakan bersamaan dengan tes SBMPTN," katanya.

Jalur terakhir yakni jalur mandiri, katanya, seleksi dan biaya diserahkan sepenuhnya kepada PTN yang bersangkutan. "Tapi, maksimal harus 20 persen siswa dan tidak boleh melebihi itu. Pihak PTN bisa juga melakukan kemitraan dengan pemerintah daerah, kementerian, atau kalangan swasta," katanya.

Ia menambahkan pendaftaran SNMPTN akan dimulai 1 Februari hingga 8 Maret 2013, seleksi pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013, pengumuman 28 Mei 2013, dan pendaftaran ulang pada 11-12 Juni.

"Untuk kepentingan SNMPTN itu, PDSS akan dimulai 17 Desember 2012 hingga 8 Februari 2013, sedangkan pendaftaran dan seleksi SBMPTN masih menunggu keputusan panitia pusat dan lokal," katanya.

Sumber: Yahoo!

11 komentar :

  1. syukurlah saya seneng banget denger kalo ini gratis

    BalasHapus
  2. info yg bermanfaat sob!

    BalasHapus
  3. info yg menarik sob , salam blogwalking jngan lupa komen back ..

    http://srezky.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Saya sudah biasa buka Yahoo! Karena sudah baca ini,brrt gk usah ke sana ! Bermanfaat sekali !

    BalasHapus
  5. pendidikan itu penting, semoha semakin dipermudah ya. amen :)

    BalasHapus
  6. semoga bs berjalan dgn baik ya

    BalasHapus
  7. Anonim1/10/2013

    Wah udah gak ada lagi ya, kebetulan ane dulu masuknya lewat snmptn :D

    BalasHapus
  8. mantap artikelnya sob,,
    tp seleksinya harus ga sembarang ya sob,, hrus ranking klas gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang sbmptn syaratnya hampir sama dengan snmptn jalur utul dulu. jadi tidak perlu dapat peringkat di kelas.

      Hapus
  9. Rizal bin ladden4/28/2013

    Pendaftaran sbmptn harus secara online atau langsung dgn formulir di ITS sndiri sob...??

    BalasHapus
  10. Dh g kul gan
    Btw bagus juga bila semua hal di indonesia di permudah terutama hal yg penting misal pendidikan dan kesehatan.lbh baik lg klo it's free.
    Maunya sich....

    BalasHapus